Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DALAM APLIKASI E-PUSLUH BIDANG PENYULUHAN DI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KOTA PALU
Nama: RINI OKTAVIANTI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Rini Oktavianti B 102 22 040, dengan judul “Pelayanan Publik Berbasis E-government Dalam Aplikasi E-Pusluh Bidang Penyuluhan Di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu”. Dibimbing oleh Dr. Nawawi Natsir,M.Si, dan Dr. Nuraisyah,S.sos.,M.Si. Tujuan Penelitian ini untuk Untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik berbasis E-government dan untuk mengetahui berbagai faktor penghambat pelayanan dalam aplikasi e-Pusluh di Bidang Penyuluhan Kota Palu. Lokasi penelitian ini mencakup Dinas Ketahanan Pangan Kota Palu. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik dalam pengumpulan data dan informasi adalah observasi wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 05 (lima) orang. Data yang dikumpulkan disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dari Harvard JFK School of Government, untuk menerapkan konsep pelayanan publik berbasis digital, terdapat tiga elemen sukses yang harus dimiliki dan diperhatikan sungguh- sungguh yaitu Support, Capacity, dan Value. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa Penerapan pelayanan publik berbasis E-government dalam aplikasi e-pusluh di Bidang Penyuluhan Kota Palu Support atau dukungan dari pimpinan pemerintah berupa peraturan presiden tentang penerapan system pemerintahan berbasis elektronik, regulasi tentang penerapan E-government secara umum di Provinsi Sulawesi Tengah dan sosialisasi e-pusluh. Capacity atau keberdayaan dari tersedianya Sumber Daya Infrastruktur teknologi informasi seperti komputer, print dan wifi cukup memadai serta tersedianya Sumber Daya Manusia yang berkompeten dalam menjalankan Pelayanan berbasi E-government . Elemen value yakni manfaat yang dirasakan oleh penyuluh Dinas Ketahanan Pangan kota Palu yakni memberikan kemudahan baik bagi pihak petugas maupun penyuluh dalam pelaporan kegiatan penyuluh pertanian. Manfaat yang dirasakan oleh penyuluh dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri, pelayanan online juga dapat menghemat biaya juga transportasi. faktor penghambat pelayanan dalam aplikasi e-Pusluh yaitu di karenakan kurangnya sosialisasi dari pemerintah kota palu yang dirasakan penyuluh, menjadikan banyak penyuluh yang masih belum paham penggunaan aplikasi e-pusluh. Hal ini menjadi kendala di dalam proses penerapan Aplikasi e-pusluh. Selain itu kendala yang dihadapi adalah kurang familiarnya penyuluh terutama yang lanjut usia mengenai teknologi-teknologi yang ada serta sering terjadinya maintenance pada aplikasi e-pusluh. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Support, Capacity, Value

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up