JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: ACHMAD SHOLIH KOMARA SETYAGUNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak Achmad Sholih Komara Setyaguna, Nomor Stambuk B10222037, Tesis ini mendeskripsikan hasil penelitian tentang Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah, dibimbing oleh Mustainah dan Nasrullah. Peneliti ini bertujun untuk mengetahui Kualitas Pelayanan publik di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif adapun jumlah informan sebanyak 5 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah dilihat dari dimensi tangible (bukti fisik) sudah memenuhi kualitas pelayanan dengan baik dan memberi pelayanan kepada masyarakat dengan nyaman, dimensi Reliability (Kehandalan) pegawai sudah menjalankan dengan tepat waktu sesuai ketentuan yang berlaku dan memiliki standar prosedur dalam menjalankan fungsi sebagai pelayanan kepada masyarakat agar berjalan dengan terstruktur, dimensi Responsiveness (Ketanggapan) bahwa pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap kepada masyarakat petugas akan merespon dengan baik dan cepat, dimensi Assurance (Jaminan) pegawai dalam menanggapi penyelesaian dalam pelayanan sudah tepat waktu berdasarkan jumlah masyarakat yang akan dilayani jika sedikit maka akan tepat waktu, dimensi terakhir yaitu Empahaty (Empati) bahwa pegawai sudah menunjukkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan pelayanan yang tulus, bersikap ramah, serta tidak membeda-bedakan (diskriminatif) sehingga dapat memberi kepuasan bagi masyarakat yang melakukan pelayanan. Kata Kunci : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty |