JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH (Studi Tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024) |
Nama: MOH. STEVEN SUKARNO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh. Steven Sukarno B 1022223, dengan judul “Implementasi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Studi Tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024). Dibimbing oleh Slamet Riadi, dan Intam Kurnia. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran Implementasi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Studi Tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024). Jenis penelitian ini ialah deskriptif, dengan jumlah informan sebanyak 5 orang, yang penentuannya menggunakan teknik Purpossive. Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode analisis data dengan tiga langkah, yaitu kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan terori Edward III yang telah di bahas, implementasi kebijakan perencanaan pembangunan daerah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Studi Tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024) belum terlaksana dengan baik, Hal ini disebabkan karena jumlah aparatur perencana yang berkompeten yang masih terbatas, masih rendahnya partisipasi masyarakat, tidak dilaksanakannya konsultasi publik dan adanya penghambat pada aspek fragmentasi yaitu penyesuaian pada aplikasi sipd-ri yang mengakibatkan waktu dibeberapa tahapan menjadi tidak sesuai dengan jadwal penyusunan RKPD Tahun 2024. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. |