JudulMANAJEMEN STRATEGI PELAYANAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN DAN SERTIFIKASI MUTU BARANG PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: LEVIANA MANGOPO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK LEVIANA MANGOPO (B10222003). Manajemen Strategi Pelayanan Pada Unit Pelayanan Teknis Pengujian Dan Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Sulawesi Tengah. (Dimbimbing Oleh H. Slamet Riadi dan M. Nur Alamsyah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis manajemen strategi pelayanan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (PSMB) Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan teori manajemen strategi menurut Salusu (2006) mencakup perencanaan strategi dan penerapan manajemen strategi menunjukkan sudah berjalan dengan baik namun belum optimal. Hal itu dapat dilihat pada aspek perencanaan strategis berdasarkan analisis SWOT menunjukkan keempat faktor masing-masing yakni strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman), terpenuhi semuanya. Hal itu menunjukkan bahwa strategi peningkatan pelayanan yang dijalankan oleh UPT PSMB provinsi Sulawesi Tengah masih perlu dievaluasi, diperbaharui dan dirumuskan kembali untuk lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaannya. Pada aspek penerapan manajemen strategi dapat dilihat masih terdapat kelemahan antara lain pelayanan yang belum optimal, minimnya promosi dan sosialisasi, minimnya fasilitas, keterbatasan lini jasa, dan penggunaan teknologi yang belum Up-To Date. Terdapat faktor penghambat peningkatan pelayanan UPT PSMB provinsi Sulawesi Tengah yakni keterbatasan tenaga teknis yang tidak sesuai kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan dengan tugas yang dibebankan, kurangnya ketersediaan alat standar yang akan digunakan untuk pengujian dan kalibrasi, serta pendanaan terbatas dan kurangnya motivasi personil UPT PSMB provinsi Sulawesi Tengah. Kata Kunci: Analisis SWOT, Manajemen Strategi, Pelayanan |