JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: MOH. RIZKY TAFTAZANY |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Rizky Taftazany, B10222001. Pembimbing Ibu Suasa dan Moh. Bapak Muh. Nawawi dengan judul Tesis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una. Dalam penulisannya, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dalam aturan tertentu yang berada dalam kehidupan nyata yang menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis dan akurat mengenai suatu keadaan dari Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una. Dengan dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori dari Zeithaml, Parasuraman dan Berry dkk (Pasolong, 2007:135) yang meliputi lima indikator, yaitu Kenampakan Fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una dapat disimpulkan bahwa dari 5 (lima) aspek yang digunakan, yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy, 3 (tiga) aspek telah berjalan dengan optimal, yaitu Tangibles, Reliability, dan Responsiveness. Sementara 2 (dua) aspek yang belum berjalan dengan optimal yaitu Assurance dan Empathy. Kata Kunci: Kenampakan Fisik, Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati. |