JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: ANSHARI AKHMAD |
Tahun: 2023 |
Abstrak Anshari Akhmad, B 102 21 069 (Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar di Kabupaten Pasangkayu) Mustainah dan Muh. Nawawi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan program Indonesia pintar Pendidikan dasar di Kabupaten Pasangkayu, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapaun informan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang yang memahami terkait judul penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yakni reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Edward III yang terdiri dari 4 (empat) indikator dalam implementasi kebijakan yaitu : Komunikasi, Sumber Daya, Sikap Pelaksana, Struktur Birokrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat indikator yang dikemukakan oleh Edward III, ditemukan hasil bahwa Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar Pendidikan dasar di Kabupaten Pasangkayu belum berjalan secara maksimal, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasangkayu merupakan lembaga pelaksana kebijakan sudah menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan perunjuk teknis kebijakan, namun dari segi ketersediaan anggaran serta sarana dan prasarana yang ditujukan khusus untuk kebijakan tesebut tidak dianggarkan sehingga kegiatan sosialisasi serta monitoring dan evaluasi tidak dilakukan, begitu halnya dari segi ketersediaan sumber daya manusia (pegawai) yang masih kurang jumlahnya sehingga mengakibatkan pegawai yang menjadi pelaksana untuk program ini juga memiliki pekerjaan yang lain. Kata Kunci : Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, Struktur Birokrasi. |