JudulKinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Al Mubarak Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah |
Nama: HASLAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Haslan. Nim. B10221031. Judul Penelitian: Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Al Mubarak Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah. Pembimbing Nasir Mangngasing dan Nuraisyah. Penelitian ini untuk mengetahui Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Al Mubarak Topoyo. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penarikan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Al Mubarak Topoyo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dalam proses pembelajaran di SMK Keperawatan Al-Mubarak Topoyo, kinerja guru yang berkenaan dengan kualitas kerja, kuantitas kerja, dan pengetahuan pekerjaan relatif belum efektif sesuai dengan penjelasan teori dari Mitchell. Aspek kinerja yang sudah berjalan baik berkenaan dengan kualitas kerja, khususnya pada subaspek ketepatan dan kerapian. Sementara itu, aspek kualitas kerja berkenaan dengan kompetensi dan ketelitian relatif belum sesuai. Dalam hal ini, belum baiknya subaspek kompetensi disebabkan oleh belum memadainya penguasaan teknologi pembelajaran dan penguasaan ilmu bidang produktif. Berbeda dengan itu, belum baiknya kinerja subaspek ketelitian disebabkan oleh kekurang cermat dalam memilih metode pembelajaran. Senada dengan itu, kinerja yang sudah berjalan baik berkenaan dengan kuantitas kerja, khususnya pada subaspek waktu kerja dan volume kerja. Sementara itu, subaspek kinerja lainnya yang belum berjalan baik berkenaan dengan produktivitas kerja. Dalam kasus ini, belum baiknya subaspek produktivitas kerja disebabkan kurangnya keikutsertaan guru dalam forum ilmiah dan kurangnya karya ilmiah guru baik yang terpublikasi maupun yang tidak terpublikasi. Berbeda dengan itu, aspek pengetahuan pekerjaan, yaitu subaspek pemahaman prosedur dan metode kerja sudah berjalan baik. Kata kunci: Kualitas, Kuantitas, Pengetahuan dan Guru |