JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KULAWI KABUPATEN SIGI |
Nama: JENLIFLORANIUS |
Tahun: 2022 |
Abstrak Jenlifloranius, Nomor Induk Mahasiswa B 102 20 081 mengenai” Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat Kulawi Kabupaten Sigi” di bimbing oleh Hasbullah (Pembimbing 1) dan Nuraisyah Ambo (Pembimbing 2). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat Kulawi Kabupaten Sigi. Metode penelitian ini adalah deskriptif Kulalitatif dengan jumlah informan sebanyak 7 (Tujuh) orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Salim dan Woodward (Zaenal Mukarom dan Muhibudin Wijaya Laksana 2016:55) yang mengambarkan ada 4 (Empat) indikator penting dalam menilai jalannya kualitas pelayanan Publik yaitu Ekonomis, Efektivitas, Efisiensi, Keadilan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat Kulawi Kabupaten Sigi Belum maksimal dari indikator (Ekonomis) masih ada hambatan-hambatan yang diperoleh pasien dalam melakukan pelayanan , Indikator (Efektivitas) Masih adanya pegawai dan perawat yang lambat masuk untuk melakukan pelayanan, indikator (Efisiensi) Sudah Baik Petugas dan Perawat Sudah melakukan pelayanan dengan standar pelayanan yang ada , indikator (Keadilan) sudah baik petugas dan pewarat berlaku adil untuk semua pasien yang dirawat Kata Kunci : Ekonomis, Efektivitas, Efisensi, Keadilan |