Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA LAYANAN BPJS DI PUSKESMAS BULILI KOTA PALU
Nama: NI LUH ENI ARTATI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ni Luh Eni Artati B 102 20 053, dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Bulili Kota Palu”. Dibimbing oleh Abu Tjaija (Ketua Tim Pembimbing), dan Nawawi Natsir (Anggota Tim Pembimbing). Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui dan menguji pengaruh secara simultan kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien pengguna layanan BPJS di Puskesmas Bulili Kota Palu; 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara parsial kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien pengguna layanan BPJS di Puskesmas Bulili Kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini ialah tipe penelitian survey dengan pendekatan explanatory, dengan jumlah sampel atau responden yang dilibatkan sebanyak 80 orang responden dengan melalui teknik simple random sampling. Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kegiatan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Dengan metode analisis data melalui analisis deskriptif presentase, regresi linear berganda dan koefisien determinasi (R²). Hasil perhitungan statistik penelitian menunjukkan nilai F hitung adalah 134,093 dan lebih besar dari nilai F tabel pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Koefisien determinasi yang ditunjukkan nilai R Square adalah sebesar 0,632 (63,2%). Berdasarkan hasil analisis data secara parsial menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Besaran pengaruh antara variabel kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien pengguna layanan BPJS di Puskesmas Bulili Kota Palu adalah sebesar 67?n sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Perawat dan Kepuasan Pasien Pengguna Layanan BPJS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up