Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KETAHANAN PANGAN KABUPATEN PASANGKAYU
Nama: HANA MARLINA LEMBANG
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Hana Marlina Lembang, Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasangkayu (di bawah bimbingan Dr. H. Nasir Mangasing, M.Si dan Dr. Mohammad Irfan Mufti, M.Si). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasangkayu. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu sejumlah enam orang yang terdiri dari pegawai dinas Ketahanan Pangan dan pemohon bantuan Kelompok Tani yang ditarik dengan teknik pusposive sampling. Teknik pengumpulan dan pengambilan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat kualitas pelayanan adalah teori dari Parasuraman et, al. yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasangkayu yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, menunjukkan tingkat kualitas pelayanan yang baik karena dari kesemua aspek tersebut, tidak ada yang menghambat kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Sedangkan pada aspek tangibles dan terdapat kendala yakni kurangnya sarana dan fasilitas pelayanan dalam hal ini minimnya fasilitas komputer dan ruangan pelayanan yang kurang memadai. Kata Kunci : Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up