JudulKualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Daerah Mokopido Kabupaten Tolitoli |
Nama: WAHYUDI ARIFIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tujuan penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Kualitas pelayanan terhadap Pengguna BPJS Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Rumah Sakit Umum Mokopido Kabupaten Tolitoli. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis Kondensasi data merujuk kepada proses menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, mengabstraksi dan mentrasformasi data yang terdapat pada catatan lapangan maupun transkrip dalam penelitian ini dengan menggunakan informan penelitian yang terdiri dari, petugas fungsional yang memberikan pelayanan, pegawai bagian administrasi dan masyarakat pengguna BPJS kesehatan yang dijadikan sumber data utama penelitian. Penelitian ini menggunakan Teori merujuk pendapat Taliziduhu Ndraha (2005) menyatakan bahwa sebagai unit kerja publik pemerintah dalam memberikan Pelayanan yang berkualitas yang diterima oleh masyarakat dari pelayanan kesehatan dapat dilihat dari 4 (Empat) dimensi yaitu, Dimensi Kecepatan, Dimensi Ketepatan, Dimensi Kemudahan dan Dimensi Keadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan bagi pengguna kartu badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) belum dapat di katakan berkualitas karena dilihat dari dimensi Kecepatan, Ketepatan masih perlu di tingkatkan lagi sehingga pasien dan keluarga pasien dapat merasakan pelayanan yang maksimal, tidak lagi menunggu dalam waktu yang sangat lama. Kemudian dari kemudahan prosedur pelayanan akan tercipta dengan maksimal jika di dukung dengan tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap nyatanya masih ada beberapa peralatan medis yang belum tersedia. Dan yang menjadi harapan bagi masyarakat adalah memberikan pelayanan yang adil dan tidak membuat perbedaan antara pasien satu dengan yang lainnya. |