JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DI PASAR TUA KABUPATEN BANGGAI LAUT |
Nama: RESI MURTIANI IBAAD |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Tua Kabupaten Banggai Laut. Teori Kebijakan yang digunakan adalah teori George C. Edward III yaitu : komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Informan penelitian adalah Kepala Dinas, Kepala Bidang Perdagangan,dua orang staf pengelola pasar dan dua orang pedagang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Kebijakan retibusi pelayanan pasar dipasar tua Kab. Banggai Laut belum berjalan secara maksimal 2.) Komunikasi antara Dinas Koperindag Kabupaten Banggai Laut dengan petugas pemungutan retribusi pelayanan pasar di pasar tua Kabupaten Banggai Laut sudah berjalan dengan baik 3.)Sumber daya yaitu sumber daya staf adalah sebagai pelaksana kegiatan atau implementor di pasar tua yang jumlahnya 4 orang terdapat kekurangan personil pegawai dan pemahaman tugas masih terbatas. Kemudian sarana dan prasarana sebagai fasilitas operasional juga sangat kurang. 4.)Disposisi yaitu sikap kemauan, dedikasi, kejujuran para implementor. Pada kondisi ini belum sepenuhnya baik di mana adanya sikap para implementor dalam pelaksanaan kebijakan masih sangat kurang maksimal meskipun dedikasi tinggi tetapi sarana penunjang tidak memadai maka pelaksanaan di lapangan belum efektif. Serta belum tercipta pelayanan prima pada implementasi Kebijakan retribusi pelayanan pasar di pasar tua Kabupaten Banggai Laut. 5.)Struktur birokrasi meliputi standar operasional prosedur atau SOP sebagai pedoman dalam pelaksanaan kebijakan retribusi pasar belum terpenuhi secara efektif dan efisien di mana belum adanya struktur organisasi pengelola pasar tua Kab. Banggai Laut Kata Kunci: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi |