Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI KANTOR KECAMATAN TOILI KABUPATEN BANGGAI
Nama: BAGUS ALIT WISNAWA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK BAGUS ALIT WISNAWA Nomor Stambuk B.10219 119 Judul Tesis Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kantor Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, dibawah bimbingan Abdul Rivai dan Nawawi Natsir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, lebih khusus mengenai pelayanan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E KTP). Dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sementara tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Informan yang digunakan pada penelitian ini ditentukan secara purposive, dengan jumlah informan sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Parasuraman Dimana terdapat 5 (lima) dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu Tangibles, Realiability, Responsiveenes, Asurance, , dan Empathy Kualitas Pelayanan pada kantor Kecamatan Toili dari dimensi mendapatkan hasil yaitu (1). tangibles (bukti langsung) berada pada kategori baik; (2). dilihat dari dimensi Realiability (keandalan) berada pada kategori Baik; (3) Responsivenes (ketanggapan) berada pada kategori baik; (4) dilihat dari dimensi Asurance (jaminan) berada dalam kategori kurang baik (5) dilihat dari dimensi Empathy berada pada kategori baik; berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 5 (lima) dimensi yang diteliti menunjukkan kategori baik dikarenakan terfokus pada ruangan dan akses ketentuan prosedur pembuatan E KTP dengan menerima informasi yang baik dari pegawai kecamatan sehingga masyarakat merasakan kenyamanan, tetapi pada dimensi kurang baik yaitu jaminan atau menurut masyarakat yaitu kepercayaan kepada pemerintah perlu diperbaiki maka diharapkan Pemerintah Kecamatan Toili untuk melakukan perbaikan secara terus menerus terhadap 5 dimensi pelayanan tersebut, agar dimasa yang akan datang pelayanan pada kantor Kecamatan Toili sesuai yang diharapkan oleh masyarakat di Kecamatan Toili baik Desa Maupun Kota sehingga Hasil yang baik dalam kepemilikan identitas diri berbanding lurus dengan pekerjaan yang maksimal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up