JudulMANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 TOILI KABUPATEN BANGGAI PROPINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: SAFIUDDIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Manajemen Pembiayaan terhadap peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Toili Kabupaten Banggai. Jenis Penelitian ini deskriptif dan peneliti menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Pengumpulan Data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informan secara purposive. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Toili Kabupaten Banggai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Manajemen George R. Terry yang meliputi : indikator sebagai berikut Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan Pengawasan (Siagian, 1996:56) Berdasarkan Hasil penelitian ini bahwa: 1) Perencanaan Anggaran di SMA Negeri 2 Toli telah berjalan dengan baik, dan disusun berdasarkan peraturan yang berlaku, hal ini dibuktikan dengan Dokumen RKJM, RKT, dan RKAS. 2) Manajemen pengorganisasia, pengololaan pengolompokan dalam pengaturan pola kerja untuk mencapai tujuan organisasi berjalan dengan baik, ini dibuktikan dengan hasil kerja Tim secara administrasi setiap unsur pelaksana tersusun dengan rapi. 3) Pelaksanaan program 8 standar pendidikan nasional telah terlaksana, namun beberapa aspek yang dilaksanakan tidak mencapai tujuan secara maksimal karena keterbatasan (Sarana, Tenaga, dan Anggaran). Hal ini terlihat bahwa masih kurangnya guru, Sarana prasaran belum maksimal dan jumlah anggaran masih sangat minim, sehingga capaian tujuan Pendidikan nasional belum maksimal. Pendapatan dan belanja Sekolah dari Danah Bos terlaksana 100%, Pendapatan dan belanja Sekolah Dana Iuran/Sumbangan pendidikan dari orang Tua tidak terlaksana secara maksimal karena beberapa aspek yaitu Terdapat beberapa siswa kurang mampu, Yatim Piatu yang tidak dipungut iuran darinya. Orang tua siswa sebagian besar adalah petani sehingga pembayaran iuran/sumbangan pendidikan sering terlambat. 4) Pelaksanaan pengawasan dan Evaluasi telah berjalan sesuai perencanaan. Walaupun pelaksanaan program kerja belum maksimal sesuai rencana maka dari pengawasan muncul rekomendasi untuk dijadikan acuan peningkatan mutu pendidikan kedepan dalam hal penyusunan perencanaan anggaran dan realisasi anggaran berikutnya. Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan) ? Peningkatan Mutu Pendidikan |