Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BANGGAI LAUT
Nama: SUDIRMAN SUKU
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sudirman Suku.Efektivitas Pelayanan Informasi Publik Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai Laut. Dibimbing oleh Dr.Intam Kurnia, M.Si selaku Pembimbing I dan Dr.As Rifai, M.Si selaku Pembimbing II. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Informan penelitian adalah Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang dan dua orang pegawai. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi, displai dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.)para pegawai sudah melaksanakan tugas sesuai tupoksi namun hal ini belum bisa dikatakan efektif dikarenakan pelaksanaan tugas yang dilakukan pegawai belum bisa mencapai target dan sasaran terkait pelayanan informasi publik yang efektif 2.)Adapun upaya-upaya yang harus dilakukan dalam tercapainya tujuan efektifitas pelayanan informasi publik yaitu: (1) peningkatan tenaga dan mutu SDM, dimana Diskominfo masih membutuhkan banyak tenaga pegawai dalam melaksanakan pelayanan terkait informasi publik(2) Peningkatan saran dan prasarana, dan (3) menjalankan regulasi dan SOP, dalam pelayanan informasi Publik pastinya harus berdasarkan dari regulasi dan SOP yang berlaku. 3.)satu pengambilan keputusan yang perlu dilakukan untuk mengembangkan program atau kegiatan terkait pelayanan informasi publik yang efektif ialah perencanaan anggaran guna menunjang pelayanan.4.) Hasil penelitian di lapangan Diskominfo Kab.Balut tidak memiliki dana untuk APBD I atau dana provinsi, sehingga hanya mengharapkan anggaran APBD murni, sehingga program pelayanan informasi publik belum terlaksana dengan baik Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Balut belum memiliki pedoman atau SOP terkait Pelayanan Informasi Publik. Padahal SOP sendiri berfungsi sebagai pedoman untuk memudahkan pelaksanaan kerja. 5.)sarana dan prasarana belum memadai dan mendukung pegawai dalam mencapai efektivitas terkait pelayanan informasi publik 6.)Pelayanan Informasi Publik belum efektif hal ini dikarenakan Website Kabupaten masih di tanggani oleh di Sekretariat Kantor Bupati pada Bagian Protokoler dan komunikasi Pimpinan (Porkopim). Kata Kunci: Kinerja, Kuantitas, Kualitas, Produktivitas, Ketepatan Waktu, Upah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up