JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN VOKASIONAL DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN HAYATUL ISLAM KECAMATAN NUHON KABUPATEN BANGGAI |
Nama: SULKHAN HADI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini membahas bagaimana implementasi kebijakan pendidikan Vokasional di SMK Hayatul Islam Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Kebijakan pendidikan Vokasional di SMK Hayatul Islam Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Kebijakan pendidikan Vokasional di SMK Hayatul Islam Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi,wawancara,dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis interaktif Miles dan Huberman, mencakup empat tahap, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu teori dari Edward III yaitu Implementasi kebijakan,Komunikasi,Sumber Daya, Disposisi, struktur organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama perencanaan implementasi yang matang meliputi a. Analisis kebutuhan, masyarakat sekitar,b. Perumusan visi dan misi sekolah, c.Pembuatan perangkat pembelajaran. d. Penentuan objek kunjungan industry, e. Penentuan tempat PKL f. Pendanaan, g. Perecanaan bidang SDM, h Perencanaan bidang sarana dan prasarana j. Hasil Analisis Kesiapan internal dan Eksternal ,i. Kerjasama SMK Hayatul Islam.Komunikasi dalam kebijakan pendidikan vokasional ini telah berjalan dua arah tanpa ada gangguan transmisi yang berarti. Kedua ditinjau dari hasil penelitian sumber daya SMK Hayatul Islam berkualitas cukup baik dari segi peserta didik, dilihat dari tenaga pendidik di SMK hayatul Islam masih belum kompeten, dan dengan sarana prasarana yang belum memadai. Ketiga disposisi dalam kebijakan pendidikan vokasional ini jelas berasal dari pimpinan, yaitu kepala sekolahselaku penanggung jawab ,kemudian di teruskan kepada pelaksana yaitu tenaga pendidik.Keempat Struktur organisasi yang dibuat oleh SMK Hayatul Islam hampir sama dengan struktur organisasi pada umumnya ,kepala sekolah sebagai puncak pimpinan yang dibantu oleh TU dan beberapa wakil kepala sekolah yang meliputi wakil kepala sekolah urusan kurikulum, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, wakil kepala sekolah hubungan masyarakat, wakil kepala sekolah urusan sarana prasarana. Hambatan yang dialami dalam upaya implementasi Pendidikan vokasional di SMK Hayatul Islam di yaitu keterbatasan sarana prasarana, kurangnya Fasilitas yang memadai rekrutmen tenaga pendidik yang belum kompeten dimana pelatihan guru jarang terjadi. Kata Kunci: Implementasi, Komunikasi, Sumber Daya,Disposisi, Struktur Organisasi |