JudulEvaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Balantak Selatan Kecamatan Balantak Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah |
Nama: RASID BENTEARU |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru dalam peningkatan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Balantak Selatan Kecamatan Balantak Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Landasan Teori yang digunakan adalah Harbani Pasolong dalam Irham Fahmi (2015:5) yang menyatakan bahwa terdapat empat indikator dalam melakukan evaluasi kinerja yakni hasil kerja, wewenang dan tanggung jawab, pekerjaan legal, tidak bertentangan dengan moral atau etika. Tipe penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif yang berusaha menuturkan dan menafsirkan data yang berkenan dengan fakta, mengunakan metode purposif, pengumpalan data dan pembahasan dengan pendekatan analisis kualitatif pengumpulan data dan bahan melalui observasi dan wawancara denagan jumlah empat informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kinerja guru dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa di SMA N 1 Balantak Selatan belum berjalan dengan optimal disebabkan karena dua dari empat indikator evaluasi kinerja tersebut yakni pekerjaan legal dan hasil kerja belum memberikan hasil yang maksimal seperti guru tidak memberikan metode pembelajaran yang menarik serta pendapatan para guru yang masih sangat minim karena sebagian guru masih berstatus honorer. Diharapkan pihak sekolah SMA N 1 Balantak Selatan dapat menyediakan pelatihan keterampilan untuk para guru agar dapat memiliki kemampuan dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik kepada para siswa serta meningkatkan kesejateraan para guru yang berstatus honorer. Kata Kunci: Hasil kerja, Wewenang dan tanggung jawab, Pekerjaan legal, Tidak bertentangan dengan moral atau etika |