JudulEVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SMPN 1 BUNGKU BARAT KABUPATEN MOROWALI |
Nama: MOH. HIZAM A. HAFID |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan, Output dan Outcome, serta faktor pendukung dan penghambat dari kebijakan dana Bantuan Operasional Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta bahan Evaluasi tentang kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMPN 1 Bungku Barat Kab Morowali . Landasan Teori yang digunakan adalah William N. Dunn (2003). Menyatakan bahwa terdapat enam faktor dalam melakukan evaluasi pelaksanaan program yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Tipe penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif yang berusaha menuturkan dan menafsirkan data yang berkenan dengan fakta, dengan mengunakan metode purposif. Pengumpalan data dan pembahasan dengan pendekatan analisis kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dengan jumlah 5 informan. Berdasarkan hasil pembahasan bahwa Evaluasi Kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMPN 1 Bungku Barat untuk aspek efektivitas telah berjalan baik karena telah di alokasikan sesuai kebutuhan sekolah., aspek efisiensi telah tercapai dengan indikator penggunaan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan, aspek perataan dengan indikator pemerataan beban kepada masing masing kebutuhan ,aspek responsivitas, dan ketepatan telah berjalan dengan maksimal dengan indikator anggaran yang ada telah digunakan sesuai sasarannya, Namun, untuk faktor kecukupan belum maksimal karena anggaran dana BOS belum cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan operasional sekolah. Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Perataan, Responsivitas, |