JudulKINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SMP NEGERI 1 LORE UTARA |
Nama: ELRIDA MANGOLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Elrida Mangoli , Stambuk B.102 19 070. Judul Tesis: “ Kinerja Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMP Negeri I Lore Utara. Dibimbing oleh Hasbullah dan Daswati . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMP Negeri I Lore Utara. Metode Penelitian Kualitatif-deskriptif. Lokasi Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Lore Utara dengan informan sebanyak 8 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman. Teori utama yang jadi acuan dalam penelitian ini adalah Teori Suyadi Prawirosentono (1999:27) menjelaskan bahwa ada 4 faktor yang dapat dijadikan pengukuran Kinerja yaitu: Efektivitas, Tanggung jawab, Disiplin dan Inisiatif. Hasil penelitian memnunjukkan bahwa Efektifitas mengajar guru di SMP Negeri 1 Lore Utara masih kurang, karena proses mentranfer ilmu atau metode yang di berikan guru ke siswa masih tidak efektif sehingga masih ada siswa yang tidak paham akan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Kemudian untuk kedisiplinan dan tanggung jawab guru masih kurang hal tersebut terbukti dengan masih adanya guru yang lambat masuk untuk memberikan pembelajaran bahkan tidak masuk sehingga hal ini dapat mempengaruhi kualitas belajar. Dan yang terakhir adalah inisiatif dari guru-guru yang ada di SMP Negeri 1 Lore Utara juga masih kurang, sehingga kerap membuat siswa bosan karna cara belajar yang monoton atau tanpa pembaharuan mengenai metodenya. Kesimpulan dan saran bahwa tingkat kinerja guru belum maksimal, sehingga kualitas pembelajaran SMP Negeri I Lore Utara masih perlu ditingkatkan. Kata Kunci : Kinerja Guru, Efektifitas, Tanggung Jawab, Disiplin, Inisiatif. |