Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMOTIVASI GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 RIO PAKAVA KABUPATEN DONGGALA
Nama: ALIFA RAEMA WIDANA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Alifa Raema Widana, B 102 19 063, Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Di Bimbing Oleh Hj Mustainah, dan Nawawi Natsir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini diskriptitf kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Lokasi penelitian Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Informan penelitian sebanyak 5 (lima) orang guru dipilih secara purposive. Dengan sumber data observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data model interaktif Miles, and Huberman dalam saldana. Teori yang digunakan adalah teori yang di kemukakan oleh Mc Clelland (siagian 2004 : 167) bahwa ada 3 indikator yaitu kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afiliasi. Hasil penelitian Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala mengalami penurunan di lihat dari segi aspek kebutuhan berprestasi bahwa motivasi guru dalam pembelajaran mengalamin penurunan yang di mana sistem pembelajaran kurang maksimal di masa pandemic covid 19 dan sistem pembelajaran tetap dilakukan meskipun hanya lewat daring. Para guru tetap berupaya memberikan pembalajaran yang tidak membosankan. Indikator kebutuhan kekuasaan yang di mana dalam mempengaruhi siswa untuk mempertahankan motivasi belajar mengajar dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala guru sudah mengupayakan model pembelajaran yang bervariasi seperti sistem belajar diskusi. Namun kendala yang terjadi adalah tidak semua siswa memiliki fasilitas seperti handphone dan laptop, selain itu juga murid yang kurang memahami sistem belajar online, sehingga motivasi belajar mengajar menjadi menurun. Indikator kebutuhan berafiliasi, dimana pada aspek ini menyangkut dengan kerjasama. Hubungan kerjasama di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala pada masa pandemic masih tetap berjalan dengan baik Dimana pada masa pandemic hubungan antara sesama guru masih terjalin dengan baik. Hal itu ditandai dengan saling berkomunikasinya antara sesama guru dalam bagaimana metode – metode yang digunakan dalam memberikan materi kepada siswa khususnya dalam pembelajaran online. Kata Kunci : Motivasi, Kebutuhan untuk berprestasi, Kebutuhan akan kekuasaan, Kebutuhan untuk berafiliasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up