Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA TENAGA PENDAMPING PROFESIONAL PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI KECAMATAN DOLO BARAT KABUPATEN SIGI
Nama: SOFLIATUL IMANIYAH
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sofliatul Imaniyah, B 102 19 062, Kinerja Tenaga Pendamping Profesional Pada Masa Pandemi Covid19 di Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Di Bimbing oleh Abdul Rivai dan Hj. Ani Susanti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Tenaga Pendamping Profesional Pada Masa Pandemi Covid19 di Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Jenis penelitian ini diskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Lokasi penelitian di Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Informan penelitian sebanyak 6 (enam) orang yang dipilih secara purposive. Dengan sumber data observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan analisis data model interaktif Miles, and Huberman dalam saldana. Teori yang digunakan adalah Teori Agus Dwiyanto (2006) yang menyatakan bahwa terdapat lima faktor dalam melakukan konsep kinerja yakni produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kinerja Tenaga Pendamping Profesional Pada Masa Pandemi Covid19 Di Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi belum cukup baik diukur dari 3 indikator yakni produktivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Dilihat dari produktivitas dengan adanya keterlambatan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap I untuk desa desa di Kecamatan Dolo Barat. Indikator responsibilitas dimana adanya kekosongan tenaga pendamping yang menyebabkan pembagian beban kerja yang tidak seimbang terlebih lagi tugas pendamping desa yang bertambah disebabkan karena penanganan pandemi covid19. Kemudian dari indikator akuntabilitas walaupun dari sisi ketepatan waktu sudah baik namun format laporan dianggap belum memenuhi standar pelaporan yang baik. Sedangkan dari 2 indikator lainnya sudah cukup baik dapat dilihat dari kualitas layanan dan responsivitas dikarenakan pendampingan yang dilakukan sudah patuh terhadap peraturan atau kebijakan dan sudah baik dalam memfasilitasi keinginan dan kebutuhan masyarakat. Kata Kunci: Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up