Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA INSPEKTORAT DAERAH DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN MOROWALI
Nama: LISTA
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Inspektorat Daerah Dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Morowali.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan terhadap 5 orang menggunakan teknik purposive sampling. dengan mengikuti prosedur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian mengenai kinerja Inspektorat Daerah dalam penanganan pengaduan masyarakat di Kabupaten Morowali yang dikaji menggunakan teori Lampkin (2012 : 162:163) dengan indikator Responsivitas (responsiveness), Responsibilitas (responsibility), dan Akuntabilitas (accountability) menunjukan bahwa ada beberapa masalah yang perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah yaitu terkait dengan pengaduan masyarakat yang dalam penanganan pengaduan masih berlarut-larut tanpa penanganan yang cepat, selain itu Inspektorat Daerah Kabupaten Morowali belum mampu melaksanakan pelayanan yang sesuai dengan aturan atau kebijakan yang sudah ditetapkan organisasi sehingga analisa besaran temuan yang dilakukan masyarakat tidak relevan dengan hasil pemeriksaan Inspektorat sehingga berdampak pada masih banyaknya masyarakat yang merasa kurang puas terhadap hasil dari suatu proses dan menginginkan hal lebih. Selain itu faktor keuangan ataupun anggaran juga dapat menghambat dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Dengan demikian penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kinerja Inspektorat Daerah dalam penanganan pengaduan masyarakat di Kabupaten Morowali belum berjalan secara efektif dan efisien. Kata Kunci : Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up