Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS LAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANGUNAN GEDUNG (SIMBG) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALU
Nama: AKBAR
Tahun: 2021
Abstrak
Akbar, Nomor Stambuk, B. 102 19 033. Judul: Kualitas Layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dengan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Pembimbing: Abdul Rivai dan Muzakir. Penelitian ini membahas tentang Kualitas Layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dengan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Selama ini dibenak masyarakat, bahwa kualitas pelayanan IMB dengan aplikasi SIMBG kurang optimal dan proses birokrasinya terkesan rumit, tidak tepat waktu hingga banyaknya praktek calo dan punggutan liar merupakan fenomena buram dari buruknya kinerja sektor publik. Peningkatan kualitas layanan publik harus dilakukan secara terpola, tersistem, berkelanjutan dan memiliki jaminan pelayanan yang tentunya dilaksanakan oleh semua jajaran aparatur pemerintah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Kualitas Layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis mengenai Kualitas layanan IMB dengan aplikasi SIMBG pada DPMPTSP Kota Palu. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa Kualitas Layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dengan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu, belum efektif. Karena masih terdapat keterlambatan dalam proses penggunaan aplikasi oleh pemohon dikarenakan masyarakat belum benar-benar paham cara menggunakan aplikasi SIMBG sehingga berpengaruh terhadap lamanya selesai IMB. Ditambah lagi tidak adanya sosialisasi dari dinas terkait kepada masyarakat mengenai aplikasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dengan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu, belum maksimal dikarenakan masyarakat/pemohon yang mengurus IMB masih terkendala dengan penggunaan aplikasi SIMBG. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Aplikasi SIMBG, Izin Mendirikan Bangunan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up