Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSKESMAS TALISE
Nama: BOB JAFAR
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Bob Jafar, Nomor Stambuk, B 102 19 021 Judul Efektifitas Pelayanan Pengaduan pada UPTD Puskesmas Talise. Di bawah Bimbingan : Muhammad Khairil dan Hj. Nuraisyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Efektivitas pelayanan pengaduan masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik yang baik dan maksimal di UPTD Puskesmas Talise. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan cara purposive yaitu tekhnik penentuan informan dengan pertimbangan tertentu menetapkan 7 orang informan. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, dilakukan melahui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu teori dari teorn Campbell yaitu Produktifitas/keberhasilan program, kualitas/keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, pencapaian tujuan menyeluruh dan penilaian pihak luar guna tercapainya pelayanan yang efektif dalam penanganan pengaduan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama Produktifitas/Keberhasilan program pelayanan pengaduan di UPTD Puskesmas Talise secara Produktifitas/Keberhasilan program penanganan pengaduan ditandai dengan semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam melakukan pelaporan pada Unit Pengaduan Puskesmas Talise, Keberhasilan sasaran dari penanganan pengaduan kurang efektif ditandai input laporan pengaduan yang masuk hampir semua mendapatkan penyelesaian dengan baik meskipun masih ada yang belum terselesaikan, Kepuasan terhadap program penangan pengaduan berjalan sesuai dengan standar oprasional prosedur dan penerima layanan senang terhadap adanya unit pengaduan, Pencapaian tujuan menyeluruh dari keseluruhan proses yang terlaksana sesuai dengan tujuan program dibentuknya unit penanganan pengaduan untuk memperbaiki lagi pelayanan publik, Penilaian pihak luar bahwa penganagan pengaduan sangat bermanfaat dan membantu pengguna layanan dalam menanganani dan memecahkan segala persoalan pengaduan. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan, Pengaduan, Keberhasilan, UPTD Puskesmas Talise

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up