Judul KINERJA ORGANISASI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: ASMARANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Asmarani.Nomor Stambuk B 102 19016, Kinerja Organisasi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasangkayu. Dibimbing oleh Bapak Abu Tjaja, dan Nawawi Natsir Pelaksanaan kegiatan pelayanan Organisasi Sekretariat DPRD Kabupaten Pasangkayu terhadap DPRD Kabupaten Pasangkayu peneliti anggap belum efisien seperti pelasanaan ketika akan dilaksanakan kegiatan rapat atau kunjungan kerja anggota DPRD dan pembuatan laporan yang terlambat dikerjakan, dan kedisiplinan waktu juga cara berpakaian yang tidak sesuai aturan yang telah ditetapkan. Kinerja Organisasi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasangkayu sedikit kurang maksimal atau kurang efektif sehingga pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaiakan dalam waktu singkat menjadi terhambat. Dengan demikian penulis merumuskan untuk mengetahui besar pengaruh Kinerja Pegawai Sekretraiat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasangkayu. Penelitian menggunakan Teori kinerja oleh Agus Dwiyanto, metode penelitian adalah penelitian kualitatif, dengan informan sebanyak 5 (Lima orang informan yang dipilih berdasarkan purposive. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode : observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa kinerja Pegawai Sekretraiat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasangkayu belum berjalan dengan baik. Dari 5 (lima) dimensi yang dikaji terdapat 4 (empat) dimensi yang belum berjalan dangan baik yaitu : (1) produktivitas memperlihatkan bahwa pelaksanaan tugas aparat pegawai dari aspek kinerja yang dilihat dari pemahaman akan tugas dan pekerjaan kantor, ketepatan dalam penyelesaian berkas permasalahan serta jumlah penyelesaian permasalahan belum dapat dikatakan baik. (2) kualitas layanan dilihat dari aspek spontanitas dalam menangani permasalahan dan melayani keluhan anggota DPRD dan masyarakat serta kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan belum sesuai dengan yang diharapkan. (3) responsivitas memeperlihatkan bahwa mekanisme pelayanan yang telah diupayakan agar dapat mengenali kebutuhan yang diinginkan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelayanan aparat pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Pasangkayu cukup responsif terhadap keluhan-keluhan. (4) Responsibilitas memperlihatkan bahwa anggota DPRD Kabupaten Pasangkayu sedikit kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai, disamping itu pengangkatan staf pegawai yang kurang profesional dalam menangani bidang kerjanya sehingga pelayanan tersebut sering tertunda. (5) Akuntabilitas memperlihatkan bahwa tanggung jawab pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten pasangkayu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masih rendah. Kata kunci : Produktifitas, kualitas layanan, Responsivitas, Responbilitas dan akuntabilitas |