JudulImplementasi Kebijakan Pelayanan Kesejahteraan Lanjut Usia Di Dinas Sosial Kabupaten Morowali |
Nama: MASFUFAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesejahteraan Lanjut Usia di Dinas Sosial Kabupaten Morowali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan terhadap 5 orang dengan teknik purposive. dengan mengikuti prosedur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesejahteraan Lanjut Usia di Kabupaten Morowali berjalan cukup baik namun belum maksimal. dimana dari aspek Komunikasi, pelaksana Pelayanan Kesejahteraan Lanjut Usia telah berupaya mengikuti prosedur komunikasi berdasarkan pedoman pelaksanaan yakni melakukan sosialisasi kebijakan dan mekanisme pelaksanaan Pelayanan Kesejahteraan Lanjut Usia. Sumberdaya, ketersediaan Sumberdaya baik Sumberdaya Manusia dan demikian juga sumberdaya berupa fasilitas fisik (sarana dan prasarana) sangat berpengaruh dalam keberhasilan pelaksanaan Kebijakan Pelayanan Kesejahteraan Lanjut Usia. namun dari indicator sumber daya ini juga tidak dapat dikatakan tidak efektif apalagi terkait dana honor pendamping Lanjut Usia yang memang tidak memiliki dasar aturan tentang jumlah upah / honornya. Disposisi / Sikap Pelaksana, sikap para pelaksana kebijakan pelayanan kesejahteraan Lanjut Usia sangat baik, khususnya bagi pendamping Lanjut Usia karena meski mereka tidak mendapatkan honor ataupun upah atas apa yang mereka kerjakan, tapi mereka tetap menjalankan tugas yang diberikan dengan suka rela dan hati yang lapang. Struktur Birokrasi yang mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada dalam Implementasi Kebijakan Palayanan Kesejahteraan Lanjut Usia di Kabupaten Morowali cukup baik dijalankan sesuai aturan kebijakan yang berlaku meski sarana dan prasarana masih minim. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, struktur birokrasi. |