JudulAnalisis Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali Utara |
Nama: RAMLA TAMRIN SAIDE |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Untuk mengidentifikasi jarak antara tingkat kepuasan dengan harapan pelayanan administrasi pertanahan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali Utara, dan Untuk mengidentifikasi upaya yang dilakukan guna memperbaiki sistem pelayanan administrasi pertanahan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali Utara menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPN Kabupaten Morowali Utara dalam memberikan pelayanan belum berjalan dengan baik. Untuk menganalisis kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah penulis menggunkan lima dimensi menurut Berry Zeithmal dan Parasuraman yaitu : tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan: Penyelenggaraan pelayanan administrasi pertanahan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali Utara menunjukkan bahwa terdapat masalah sarana prasarana yang belum memadai, terbatasnya jumlah pegawai yang mengakibatkan penyelesaian pengurusan administrasi menjadi lambat, syarat dan prosedur yang rumit dan waktu penerbitan sertifikat yang mengalami ketertundaan dari target waktu yang telah ditetapkan, serta dari segi ketepatan waktu masih belum sepenuhnya berjalan sesuai prosedur.untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan, Pimpinan Badan Pertanahan Nasional harus senantiasa meminta laporan-laporan yang jelas mengenai tugas yang dibebankan kepada aparat Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali Utara agar timbul rasa tanggung jawab pegawai atas tugas-tugas yang telah diberikan, serta menjamin kepastian hukum atas dasar tanah yang telah melakukan proses administrasi pertanahan di KabupatenMorowali Utara. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Upaya |