JudulKualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintahan Kecamatan Palu Utara Kota Palu |
Nama: HANDY WAHYU KUSNADI U. TADJA LEMBAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada pemerintahan Kecamatan Palu Utara Kota Palu. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan publik pada Pemerintahan Kecamatan Palu Utara telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Zeithaml dkk (dalam Hardiyansyah, 2011) terkait lima dimensi kulalitas pelayanan, yaitu : Tangible (berwujud), Reability (kehandalan), Responsiviness (ketanggapan), Assurancce (Jaminan), Empaty (Empati). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini antara lain : 1). Camat Palu Utara; 2). Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum; 3). Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial; 4). Kepala Seksi Pelayanan Umum; 5). Kepala Seksi Pemerintahan; 6). Staff Kecamatan Palu Utara; 7). Petugas Kebersihan dan Keamanan Kecamatan Palu Utara, serta; 8). Masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan pada pemerintahan Kecamatan Palu Utara Kota Palu belum berjalan dengan baik. Dari lima dimensi yang digunakan sebagai indikator pengukuran kualitas pelayanan terdapat dua dimensi yang tidak dapat terealisasi dengan baik, yaitu dimensi Tangible dan dimensi Reability. Sedangkan tiga dimensi lainnya (Responsiviness, Assurancce dan Empaty) menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan Palu Utara telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Tangible, Reability, Responsiviness, Assurancce dan Empaty. |