Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA APARAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKANDAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALU
Nama: SOPYANI S. DJ. BILAU
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sopyani S DJ Bilau, STB. B 102 19 003, judul Tesis : Kinerja Aparat Dalam Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, dibawah bimbingan Mustainah (Ketua Tim pembimbing) dan Nurhannis (Anggota Tim Pembimbing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai Kinerja Aparat Dalam Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Pneduduk Elektronik diDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu dengan berbagai aspek dalam pelaksanaanya. Penelitian ini dilakukan di Kota Palu dengan teknik pemilihan informan secara porpossive sebanyak 5 orang, dan mengacu pada tori Prawirosentono. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan cara obsarevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Aparat dalam memberikan pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu belum optimal, masih perlu peningkatan-peningkatan di beberapa lini agar aparat yang melayani msayarakat untuk pembuatan KTP El bisa lebih maksimal. Dengan model penilaian kinerja pegawai dari Prawirosentono sebagai Grand Teori untuk menganalisis permasalahan. Kondisi factual dilapangan menunjukkan (1) Efektifitas, yang nampak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu masih menemukan kendala-kendala, seperti kurangnya personil serta sarpras dalam memberikan pelayanan, menjadikan pelaksanaan program pelayanan pembuatan KTP EL belum dikatakan optimal. (2) Tanggungjawab masih perlu ditingkatkan yang dimana harus terjalin komitmen yang baik antara pimpinan dan bawahan (3) Disiplin, peneliti saat berada di lapangan ada pegawai yang bersantai pada saat jam kerja yang mengakibatkan masyarakat menunggu lama untuk dilayani. Jadi indicator kedisiplinan ini masih perlu ditingkatkan agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa maksimal. (4) Inisiatif, pegawai Dinas DUKCAPIL sudah memberikan kontribusi pemikirannya demi meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi Kependududukan kepada masyarakat khususnya pada pembuatan KTP Elektronik. Kata kunci : Kinerja. Pelayanan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up