JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (STUDI PADA TIM PELAKSANA PATEN DI KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA) |
Nama: ABDUL LATIF |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ABDUL LATIF, B 102 19 002, dengan judul Tesis “Kualitas Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan Studi pada Tim Pelaksana PATEN di Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala”. Dibimbing Oleh Hasbullah Dan Abu Tjaiya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan Studi pada Tim Pelaksana PATEN di Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi tekhnik dan sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat komponen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas pelayanan administrasi terpadu kecamatan pada tim pelaksana di Kantor Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala menggunakan dimensi Bukti langsung (Tangibles), Kehandalan (Realiability), Daya tanggap (Responsiviness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty) beserta indikatornya. Dari kelima dimensi tersebut ada yang sudah berjalan dengan optimal yaitu, Daya tanggap (Responsiviness) dan Empati (Emphaty) namun ada beberapa indikator yang belum maksimal dalam kualitas layanannya yaitu Bukti langsung (Tangibel) di indikator ini masi jelas bahwa ketersediaan sarana dan prasarana pendukung layanan masih kurang maksimal, Kehandalan (Realiability) masi terkendala dengan keahlian petugas dalam hal ini pegawai yang memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan kualifikasi ilmu yang dimiliki. serta Jaminan (Assurance) belum bisa memaksimalkan layanan terkait penerbitan layanan. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Tangibles, Realiability, Responsiviness, Assurance, Emphaty. |