JudulANALISIS KINERJA ORGANISASI DALAM PELAYANAN MASYARAKAT PADA DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: NURKHOLIS MAJID |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurkholis Majid, Nomor Stambuk B 102 18 078, Analisis Kinerja Organisasi dalam Pelayanan Masyarakat Pada Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Sulawesi Tengah, di Bimbing oleh Hasbullah dan Hasanuddin Mustari. Penelitian ini bertujuan : Untuk menganalisis kinerja dan hubungan pelayanan di Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Sulawesi Tengah Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, dimana wawancara dilakukan dengan metode penelitian naturalistik, yaitu penelitian yang dilakukan pada kondisi yang alamiah. Peneliti mengunakan teori (Dwiyanto, 1995:6). Dengan 5 indikator kinerja yaitu Produktivitas, Kualitas, Responsivitas. Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil peneliti dapat disimpulkan. Pertama, Produktivitas yang memperlihatkan tenggang waktu penyelesaian suatu permasalahan, ketepatan dalam penyelesaian berkas permasalahan serta jumlah penyelesaian berkas permasalahan belum baik, Kedua, mengenai Kualitas Layanan yang memperlihatkan aspek spontanitas dalam menangani permasalahan dan melayani keluhan masyarakat serta kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan belum sesuai, Ketiga, responsivitas memperlihatkan bahwa pelayanan aparat pegawai Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Sulawesi Tengah cukup responsif terhadap keluhan-keluhan, Keempat, Responsibilitas memperlihatkan ketidakpuasan masyarakat atas pelayanan yang kurang maksimal yang diberikan oleh aparat pegawai, Kelima, dari sisi Akuntabilitas, memperlihatkan bahwa tanggung jawab pegawai Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Sulawesi Tengah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya cukup baik. Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Produktivitas, Kualitas, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah. |