JudulPENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA LAYANAN TRANSFORTASI KENDARAAN RODA DUA BERBASIS APLIKASI ONLINE GO-JEK DI KOTA PALU (STUDI PADA JASA LAYANAN GO-FOOD) |
Nama: SAPRIADI RUSLI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Sapriadi Rusli, B 10218076 berjudul “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Jasa Layanan Transfortasi Kendaraan Roda Dua Berbasis Aplikasi Online Go-Jek Di Kota Palu. (Studi pada Jasa Layanan Go-Food)”. Dibimbing oleh Abu Tjaija dan Mustainah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Jasa Layanan Transfortasi Kendaraan Roda Dua Berbasis Aplikasi Online Go-Jek Di Kota Palu. (Studi pada Jasa Layanan Go-Food). Penelitian ini menggunakan Variabel X (Kualiatas Layanan) dengan dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty, untuk mengetahui Variabel Y (Kepuasan Konsumen), dan untuk mengukur Variabel X (Kualitas Layanan) menggunakan teori Parasuraman, Zethaml dan Berry Variabel Y (Kepuasan Konsumen) menggunakan teori Philip Kottler dan Keller. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 86 orang sampel dari 613 populasi yang pernah dan sering menggunakan jasa layanan transfortasi kendaraan roda dua Go-Jek, khususnya pada jasa layanan Go-Food. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji T dan uji F serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinieritas. Pada analisis regresi linear berganda dan hipotesis pada hasil uji T (secara parsial) tangible, responsiveness, assurance dan emphaty tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan reliability memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kemudian pada hasil uji F (secara simultan) tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan pada hasil koefisien determinasi (R2) persentase kualitas layanan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen mencapai 55,8?n sisanya sebesar 44,2% difaktori variabel lainnya. Sehingga dengan demikian diketahui bahwa semakin besar kualitas layanan diberikan maka semakin tinggi juga kepuasan konsumen, dan demikian pula sebaliknya. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen |