Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN JUAL BELI ONLINE (E-COMMERCE) DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA PALU
Nama: MUNAJAT RIFAI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK: Tesis ini berjudul “Implementasi kebijakan perlindungan konsumen dalam penyelesaiaan sengketa konsumen jual beli Online (E-Commerce) di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Palu”. Tujuan penulisan Tesis ini adalah untuk mengetahui “Bagaimanakah implementasi Kebijakan Perlindungan Konsumen dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen jual beli online (e-commerce) di BPSK Kota Palu dan Bagaimanakah faktor-faktor penghambat dalam implementasi UUPK Penyelesaian Sengketa Konsumen jual beli online (e-commerce) di BPSK Kota Palu. Tesis ini menggunakan Teori Van Meter Van Horn dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan gambaran yang senyatanya dari fenomena yang terkait dengan implementasi kebijakan Perlindungan Konsumen dalam Penyelesaian Sengketa di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Palu yang belum terimplementasikan sepenuhnya. Hal ini dikarenakan belum adanya sosialisasi tentang jual beli online (ecommerce) dari BPSK Kota Palu. Faktor-faktor lain yang menjadi penghambat dalam implementasi UUPK terkait transaksi jual beli online (e-commerce) di BPSK Kota Palu antara lain belum ada lembaga atau toko online di Kota Palu yang dapat menjamin keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam bertransasksi jual beli online, situs online yang tidak mencantumkan informasi yang lengkap dan pelaku usaha yang tidak hadir pada pemanggilan pada beberapa kasus serta laporan pengaduan para konsumen terkait sengketa jual beli online (e-commerce) tidak disertai dengan bukti-bukti yang lengkap Kata Kunci : Pelaksanaan, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Sengketa Konsumen Jual Beli Online ( E-Commerce)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up