JudulKINERJA SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU (SPKT) KEPOLISIAN DAERAH SULAWESI TENGAH DALAM MENANGANI PENGADUAN TINDAK KEJAHATAN |
Nama: ASHABUL KAHFI HASAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Ashabul Kahfi Hasan. Kinerja Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sulteng dalam menangani pengaduan tindak kejahatan. Tesis, Program Studi Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universias Tadulako. Pembimbing : Dr. Andi Pasindiringi, M.Si dan Dr. Imam Sofyan, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kinerja Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sulteng dalam menangani pengaduan tindak kejahatan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deksriptif. Penentuan informan dilakukan dengan cara sampling insidental. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif Miles dan Huberman (1984) dalam sugiyono, yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu teori pelayanan yang di kemukakan oleh Idup Suhady meliputi Tepat, Cepat, Murah dan Ramah. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sulteng dalam menangani pengaduan tindak kejahatan masyarakat belum maksimal masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu untuk di benahi agar pelayanan yang di berikan kepada masyarakat ke depan sesuai dengan standar pelayanan minimum, hal ini dapat dilihat dari segi pelayanan yang tepat perlu adanya kesadaran dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan memperlihatkan proses pelayanannya agar masyarakat dapat dengan benar-benar merasakan ketepatan pelayanan yang diberikan melalui kemudahan yang mereka dapatkan ketika memanfaatkan layanan SPKT. Pelayanan pada pengurusan pengaduanyang diberikan aparat petugas SPKT Polda Sulteng kepada masyarakat belum maksimal, masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu untuk di benahi agar pelayanan yang di berikan kepada masyarakat ke depan sesuai dengan standar pelayanan yang cepat, murah dan tidak memberatkan masyarakat dalam mengurus keperluannya. Selain itu, pelayanan yang murah telah diberikan SPKT namun Perlu dilakukan pengawasan kepada personel SPKT Polda Sulteng karena masih ada oknum yang masih menerima imbalan atau tanda terima kasih dari masyarakat pelapor yang memberikan pengaduan. Keramahan aparatur SPKT Polda Sulteng dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah baik, karena dalam proses pemberian pelayanan dalam menerima pengaduan aparatur SPKT Polda Sulteng sudah berusaha bersikap ramah kepada masyarakat. Kata Kunci: Tepat, Cepat, Murah dan Ramah |