JudulKINERJA PANITIA PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KECAMATAN KABUPATEN TOJO UNA-UNA PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 |
Nama: IBRAHIM UNTU |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ibrahim Untu, B102 18 048, “Kinerja Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Kabupaten Tojo Una-Una pada Pemilihan Umum Tahun 2019” (dibawahBimbingan Slamet Riadi dan Abdul Rivai). Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis Pemilihan Umum dan Kinerja Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Kabupaten Tojo Una-Una pada Pemilihan Umum Tahun 2019 , dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Tojo Una-Una telah berjalan baik yang ditunjukkan dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam memilih yang mencapai 99,64 persen dan rendahnya pelanggaran pemilu. Kinerja Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Kabupaten Tojo Una-Una dalam wujud produktivitas, telah berjalan baik yang terlihat dari Panwascam telah melakukan pemeriksaan dan pengkajian dugaan pelanggaran Pemilu di wilayah kerjanya dan melaporkannya kepada Bawaslu Kabupaten serta bertindak tegas terhadap pelanggaran Pemilu di wilayah kerjanya, kinerja dalam wujud kualitas layanan menunjukkan bahwa Panwascam telah berupaya untuk mengidentifikasi berbagai pelanggaran yang ada di wilayah kerjanya dan menindak lanjuti hasil temuannya, Kinerja dalam wujud responsivitas menunjukkan belum berjalan optimal akibat minimnya jumlah personil, keterbatasan pembiayaan terutama untuk wilayah-wilayah terpencil, rendahnya reward yang diterima dan belum terbangunnya system punishment untuk Panwascam yang melakukan pelanggaran, serta minimnya sarana dan prasarana terutama komunikasi dan transportasi. Kinerja dalam wujud responsibilitas menunjukkan masih lemah akibat regulasi terutama pembatasan waktu pelaporan maksimal 7 hari dan terkendala dalam proses pembuktian pelanggaran Pemilu. Kinerja dalam wujud akuntabilitas menunjukkan bahwa Panwascam secara periodik dan insiden telah melakukan pelaporan kepada Bawaslu namun untuk pelaporan sebagai wujud akuntabilitas kepada masyarakat belum terbangun. Kata Kunci : Kinerja, Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas |