JudulKUALITAS LAYANAN IZIN TANDA DAFTAR USAHA PARIWISATA PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALU |
Nama: AKMAL ROCHADI AL ASROORY |
Tahun: 2022 |
Abstrak A B S T R A K Akmal Rochadi Al Asroory B 102 18 033. Kualitas Layanan Izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Dibimbing oleh Abdul Rivai sebagai Pembimbing I dan Asrifai sebagai Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Layanan Izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Landasan Teori yang digunakan teori kualitas layanan Servqual yang dikemukakan oleh Parasuraman et al (1988) bahwa terdapat lima indikator dalam melakukan evaluasi terhadap kualitas layanan yakni daya tanggap, jaminan, bukti nyata, empati, dan kehandalan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Selanjutnya, data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Di mana proses pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara dengan jumlah empat informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Layanan Izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu belum dengan optimal karena terdapat satu indikator kualitas pelayanan yakni bukti langsung tidak terpenuhi untuk menyimpulkan jika dinas tersebut mendukung terciptanya pelayanan yang berkualitas. Kata Kunci: Daya tanggap, Jaminan, Bukti nyata, Empati, dan Kehandalan |