JudulKUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS AMPIBABO KEC. AMPIBABO KAB. PARIGI MOUTONG |
Nama: ASTRI RIZKIANA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Astri, Kualitas Pelayanan Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Ampibabo Kec. Ampibabo Kab. Parigi Moutong. Di bawah bimbingan Slamet Riyadi dan Roslinawaty. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Ampibabo Kec. Ampibabo Kab. Parigi Moutong, Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Lokasi penelitian dilaksanakan di Puskesmas Ampibabo Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Informan penelitian adalah orang yang dipandang paling mengetahui fenomena yang akan diteliti. Tehnik penarikan menggunakan tehnik purposive sampling. Jenis data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan, Kondensasi data. Teori yang digunakan adalah teori dari Parasuraman et, al. yang terdiri tangible, reliability, responsiviness, assurance dan empaty. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Ampibabo Kec. Ampibabo Kab. Parigi Moutong yang terdiri dari reliability, responsiviness, assurance, menunjukan tingkat kualitas pelayanan yang baik karena dari semua aspek tersebut tidak ada yang menghambat kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Sedangkan pada aspek tangible dan empaty terdapat kendala yakni masih ada petugas yang kurang disiplin dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan masih ada petugas yang kurang ramah kepada pasien. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien |