JudulKUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SIWONGI KECAMATAN KULAWI KABUPATEN SIGI |
Nama: BUDI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Budi Nomor Stambuk B. 10117073 Judul Tesis Kualitas Pelayanan Publik di Desa Siwongi Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi, dibawah bimbingan Nurhannis dan Hj. Ani Susanti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Publik di Desa Siwongi Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi, lebih khusus mengenai pelayanan Administrasi Kependudukan. Dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sementara tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Informan yang digunakan pada penelitian ini ditentukan secara purposive, dengan jumlah informan sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Parasuraman Dimana terdapat 5 (lima) dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu Tangibles, Realiability, Responsiveenes, Asurance, , dan Empathy Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik pada kantor Desa Siwongi dari dimensi (i). tangibles (bukti langsung) berada pada kategori tidak baik; (ii). dilihat dari dimensi Realiability (keandalan) berada pada kategori kurang baik; (iii) Responsivenes (ketanggapan) berada pada kategori baik; (iv) dilihat dari dimensi Asurance (jaminan) berada dalam kategori kurang baik (v) dilihat dari dimensi Empathy berada pada kategori baik; berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 5 (lima) dimensi yang diteliti menunjukkan kategori tidak baik, sehingga perlu diperbaiki maka diharapkan Pemerintah Desa Siwongi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus terhadap 5 dimensi pelayanan tersebut, agar dimasa yang akan datang pelayanan pada kantor Desa Siwongi Kabupaten Sigi, dapat memuaskan masyarakat. Kata kunci : Tangibles, Realiability, Responsiveenes, Asurance, , dan Empathy |