JudulIMPLEMENTASI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL MENENGAH COKELAT PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: ANDI EKA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Andi Eka Musdar, B.102 17 020, Implementasi Pengembangan Industri Kecil Menengah Cokelat Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, Tesis, Program studi Magister Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Pembimbing: Abu Tjaiya, dan Nurhannis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pengembangan Industri Kecil Menengah Cokelat Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah. Teori yang digunakan adalah implementasi kebijakan oleh Edward III, yang terdiri atas beberapa faktor yang dijadikan ukuran kebijakan, Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, Struktur Birokrasi. Jenis Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Informan peneltian ini adalah pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah dan Para Pelaku IKM Cokelat Sulteng. Teknik pengambilan dan pengumpulan data terdiri dari pengamatan/observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi : data collection, data Condensation, data display, dan conclusions drawing. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Pengembangan Industri Kecil Menengah Cokelat Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, belum sepenuhnya menunjukkan hasil yang maksimal dan efektif karena dari aspek yang diteliti masih terdapat satu faktor yang belum mendukung yaitu faktor sumber daya, faktor lainnya yang dikemukakan Edward III menyangkut komunikasi, disposisi, dan struktur birokrasi sudah berjalan maksimal dan efektif, dan faktor sumber daya belum mendukung Implementasi Pengembangan Industri Kecil Menengah Cokelat Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, karena faktor sumber daya masih mengalami keterbatasan anggaran dan belum menjadi skala prioritas sehingga kesulitan dalam mengimplementasikan kebijakannya. Kata Kunci : Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi |