JudulKualitas Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (skck) Di Satuan Intelijen Keamanan Polres Sigi Dalam Memberi Kepuasan Masyarakat |
Nama: INGGIT KRISDWIANTO |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Inggit Kris Dwianto B. 102 17 001 : Judul Penelitian "Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Di Satuan Intelijen Keamanan Polres Sigi Dalam Memberi Kepuasan Masyarakat”. Dibimbing oleh Andi Pasinringi dan Hj. Ani Susanti. Lokus penelitian dilaksanakan di Kantor Polres Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Polres Sigi dalam penerbitan surat keterangan catatan Kepolisian {SKCK}. Teori yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini; adalah teori kualitas pelayanan dari Zetham Parasuraman, L Berry, dengan asumsi bahwa karakteristik masalah penelitian, relevan dengan teori tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Satuan Intelijen Keamanan Polres Sigi. Metode penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan dasar kualitatif, sedangkan teknik penentuan informan dilakukan secara purposive, dan teknik pengumpulan data, adalah; observasi, wawancara, dokumen serta teknik analisis data, menggunakan pendekatan dari Miles Hubermans. Hasil penelitian dari lima dimensi kualitas pelayanan yakni: Tangibles, Reliability, Rasponsiveness, Assurance, Empathy, yang digunakan untuk menilai penerbitan SKCK di Satuan Intelkam POolres Sigi, belum optimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penulis menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan penerbitan SKCK di Satuan Intelkam Sigi adalah belum optimal. Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Rasponsiveness, Assurance, Empathy |