Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KHUSUS PADA SEKOLAH LUAR BIASA ABCD MUHAMMADIYAH PALU
Nama: SRI HASTUTI HANDAYANI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK SRI ASTUTI HANDAYANI. Stb B 102 16 069. Implementasi Penyelenggaraan Pendidikan Khusus pada Sekolah Luar Biasa ABCD Muhammadiyah Palu (dibawah bimbingan Muh Irfan Mufti, Intam Kurnia) Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis Implementasi Program Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa ABCD Muhammadiyah Palu dan dapat memberikan gambaran mengenai Implementasi Program Penyelenggaraan Pendidikan Khusus. Penelitian ini menggunakan metide penelitian secara kualitatif, Teori yang digunakan yaitu konsep Implementasi Edward III : Komunikasi, Sumber Daya, Sikap Pelaksana/Disposisi, Struktur Birokrasi. Informan dalam penelitian ini adalah orang-orang yang dipandang mengetahui dan terlibat dalam Implementasi Program Penyelenggaraan Pendidikan khusus Pada Sekolah SLB-ABCD Muhammadiyah Palu. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. SLB-ABCD Muhammadiyah Palu, menunjukkan masih kekurangan kebutuhan belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini, alat-alat pembelajaran bagi anak-anak penyandang cacat masih belum memadai, fasilitas pembelajaran masih sangat minim sehingga proses belajar mengajar pun tidak maksimal. Sedikitnya tenaga pengajar yang ada di sekolah tersebut sedangkan jumlah murid disekolah tersebut memiliki kecacatan atau ketunaan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Program Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa ABCD Muhammadiyah Palu belum terlaksana dengan baik karena masih terdapat kekurangan antara lain adalah belum terpenuhinya kebutuhan belajar bagi murid seperti kurangnya alat belajar bagi anak penyandang cacat dan masih kurangnya tenaga pengajar disekolah tersebut. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Program Penyelenggaraan pendidikan Khusus

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up