JudulKUALITAS PELAYANAN CALON JAMA’AH HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALU |
Nama: SUMALKI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sumalki Stambuk B. 102 16 036 ‘’Dengan judul Kualitas Pelayanan Calon Jamaah Haji di Kementerian Agama Kota Palu’’ di Bimbing oleh Mustainah dan Muhammad Khairil Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang Kualitas Pelayanan Calon Jama’ah Haji di Kementerian Agama Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan secara purposive sampling yaitu Pegawai Kementerian Agama Kota Palu dan Calon Jamaah Haji sebanyak 8 orang adapun teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan) wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu Parasuraman. Hasil penelitian kualitas pelayanan Calon Jamaah Haji 1. Tangible sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelayanan calon jamaah haji belum memadai dimana terbatasnya jumlah kursi sehingga masyarakat harus menunggu dengan keadaan berdiri serta masih terbatasnya computer yang mengakibatkan lambatnya pelayanan karena harus menunggu. Realibility ketepatan dan kesesuaian prosedur dalam pelayanan sudah dinilai baik pelayanan yang di tunjukan pegawai sudah tepat sasaran dan sesuai dengan prosedur. Responsivines respon/daya tanggap dalam pelayanan dinilai belum memadai pegawai dalam melakukan pelayanan menunjukan respon yang lambat dan adanya perbedaan pelayanan yang di tunjukan pegawai. Assurance jaminan dinilai sudah baik dimana pegawai memberikan jaminan waktu pemebrangkatan ketanah suci dan jaminan keamanan calon jamaah haji dalam pengurusan sampai dengan berangkat ke tanah suci. Empaty kepedulian dimana pegawai menunjukan sikap peduli terhadap calon jamaah haji dalam pelayanan sehingga terjalin komunikasi yang lancar antara pegawai dan calon jamaah haji serta pegawai menunjukan sikap sopan dan ramah sehingga menimbulkan kesan yang positif bagi calon jamaah haji. Kata Kunci : Tangible, Realibility, Responsivines, Assurance, Empaty |