Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: RIZKI ANDHIKA NINGRUM
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Rizki Andhika Ningrum. B 10216006. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akdemik Terhadap Kepuasan Mahasiswa di FakultasTeknikUniversitasTadulako. Dibimbing oleh Abd.Rivai dan Nawawi Natsir. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Secara Simultan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Tadulako, (2) Mengetahui besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Secara Parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Tadulako. Teori kualitas pelayanan akademik yang digunakan dari Zaithaml, Berry dan Parasuraman dalam Fandy Tjipto (2002) sedangkan kepuasan mahasiswa dari Irawan (2002). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 dan 2016 yang ada di Fakultas Teknik Universitas Tadulako sebanyak 93 orang, sedangkan sampel adalah semua populasi (total populasi). Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh secara parsial kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Tadulako menunjukkan bahwa tidak semua dimensi kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan. Dari beberapa variable kualitaspelayanan ternyata yang berpengaruh secara signifikan yaitu Tangibles (Bukti langsung), Reability (Kehandalan) dan Responsiveness (Daya Tanggap). Itu artinya kualitas pelayanan akademik sangat dipengaruhi Tangibles (Bukti langsung), Reability (Kehandalan) dan Responsiveness (DayaTanggap) (2) Pengaruh secara simultan keseluruhan variable kualitas pelayanan akademik berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Teknik UniversitasTadulako, dikarenakan nilai F hitung lebih besar dari F table dengan nilai R sebesar 0,925 berada di interval 0,80-0,1000 yang berarti tingkat pengaruh antar variable bersifat sangat berpengaruh antara variable kualitas pelayanan akademik (X) dengan variable kepuasan mahasiswa, ini mengandung makna setiap perubahan yang terjadi pada kualitas pelayanan akademik akan berpengaruh sebesar nilai R² 0,925terhadap kepuasan mahasiswa. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Mahasiswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up