JudulETIKA BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAHAN KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU |
Nama: YUNAN FAISAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yunan Faisal Nomor Stambuk B 102 15 159 Pembimbing Darwis dan Sastrio Mansur dengan judul Tesis,”Etika Birokrasi dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Tawaili Kota Palu” tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Etika birokrasi dalam Kualitas Pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tawaili Kota Palu. Penelitian ini dengan mempergunakan pendekatan metode penelitian kualitatif serta penarikan dan penarikan informan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini juga mempergunakan teori Zeithaml dkk (1990) Tangible (berwujud) Reability (kehandalan) Responsiviness(ketanggapan) Assurancce (Jaminan) Empaty (Empati) dengan lima factor dalam menjelaskan fenomena penelitian etika birokrasi dalam Pelayanan publik di Kecamatan Tawaili di Kota Palu. Kelima faktor tersebut adalah tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Dari kelima faktor tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya factor tangibles dan empathy warga dalam pengurusan administrasi E-KTP dan administrasi lainnya terlaksana “kurang baik” dan “kurang memuaskan” dalam kualitas pelayanan public pada Kantor Kecamatan Tawaili Kota Palu. Sementara itu, reliability, responsiveness, dan assurance menunjukkan bahwa Etika Biokrasi dalam kualitas pelayanan public terkait dengan pengurusan administrasi E-KTP di Kantor Kecamatan Tawaili Kota Palu cukup baik dan memuaskan. Oleh karena itu, Etika Birokrasi dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tawaili Kota Palu factor tangibles dan empathy harus mendapatkan perhatian khusus dalam membangun kepercayaan public sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan lebih apresiatif terhadap birokrasi di Kantor Kecamatan Tawaili, sehingga dapat berjalan dengan baik. Keywords: Etika, Birokrasi, dan Pelayanan Publik. |