JudulEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT IV PADA BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: SUPRATANATA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tentang Program Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dimana menurut Penelitian Kualitatif menurut Sugiyono (2009:45) adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam operasional konsep pada penelitian ini merupakan petunjuk tentang bagaimana mengetahui baik buruknya penelitian tersebut, dari hasil penelitian dapat di deskripsikan bahwa Dapat diketahui pula bahwa Evaluasi hasil mengukur tingkat program pendidikan dan pelatihan telah membantu pencapaian tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya dan berdampak kepada peningkatan kinerja organisasi. Aspek yang dievaluasi pada level hasil pendidikan dan pelatihan adalah mulai dari tujuan pendidikan dan pelatihan dan perannya terhadap kompetensi kepemimpinan, peningkatan kualitas kerja dan hasil kerja, penciptaan iklim kerja, kualitas layanan, dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap organisasi. Kata Kunci : Evaluasi, Kebijakan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan. |