Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIGI
Nama: SURYA WISNU DWI PUTRA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi. Fokus penelitian diarahkan pada empat indikator kualitas pelayanan berdasarkan teori Taliziduhu Ndraha, yaitu: kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni memilih orang-orang yang mengetahui permasalahan yang akan diteliti, jumlah informan pada penulisan ini sebanyak 5 orang yaitu pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi dan Masyarakat Kabupaten Sigi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan E-KTP di Kabupaten Sigi belum berjalan optimal. Dilihat dari 4 aspek yaitu kecepatan, proses pembuatan E-KTP masih lambat akibat keterbatasan fasilitas seperti jumlah alat perekam dan pencetak yang minim, serta gangguan jaringan. Dalam hal ketepatan, pelayanan belum sesuai standar waktu penyelesaian karena kurangnya kedisiplinan dan kesiapan pegawai. dari aspek kemudahan, masyarakat merasa pelayanan yang diberikan belum mudah untuk mendapatkan E-KTP. pada keadilan, masih ditemukan praktik mendahulukan kerabat atau kenalan, sehingga menimbulkan ketidakpuasan dan ketidakadilan bagi masyarakat umum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi masih perlu ditingkatkan, agar pelayanan dapat lebih optimal dan merata. Kata Kunci: Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up