Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Nama: ULPA YUNIKA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Ulpa Yunika B101 21 198, dengan judul “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu” Dibimbing oleh Syahruddin Hattab selaku pembimbing I bersama Gita Farista selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Bagaimana Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Lokasi penelitian ini bertepatan di kantor kelurahan tondo kecamatan mantikulore kota palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori zeithaml dalam hardiansyah (2011:42) yang terdiri dari 5 aspek yang digunakan dalam mengukur kualitas pelayanan, kelima aspek tersebut yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan kelurahan tondo kecamatan mantikulore kota palu masih belum maksimal. Karena terdapat 3 (tiga) aspek yang menghambat keberhasilan kualitas pelayanan yang ada di kelurahan tondo yaitu aspek Tangible yang masih kurang memadai terkait minimnya ruang kerja pegawai, komputer, print dan kursi tunggu. Reliability berdasrkan hasil penelitian bahwa pebawai kelurahan sudah handal dalam mengoperasikan alat bantu yang digunakan dalam memberikan proses pelayanan kepada masyarakat akan tetapi proses pelayanan yang diberikan oleh pihak kelurahan masih tergolomg lambat dikarenakan minimnya sarana dan prasarana seperti komputer yang hanya disediakan satu unit disetiap bidang. Dan aspek Assurance dinilai juga belum maksimal karena pegawai tidak memberikan jaminan jangka waktu penyelesaian tepat waktu dikarenakan sering terjadi kendala saat melakukan proses pelayanan kepada masyarakat seperti yang bertanda tangan tidak berada dikantor atau komputer yang tidak bisa digunakan. Sedangkan 2 (dua) aspek lainnya yaitu Responsiveness dan Emphaty sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up