Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK PADA KANTOR DESA SAKITA KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI
Nama: ASNIATI
Tahun: 2025
Abstrak
Asniati, B10121192, Judul Skripsi “ Pelayanan Administrasi Publik Pada Kantor Desa Sakita Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali” Dibawah Bimbingan Ibu Rahmawati Halim, Selaku Pembimbing I dan Bapak Muhammad Rapi Selaku Pembimbing II Tujuan penelitian untuk menganalisis pelayanan Administrasi Publik Pada Kantor Desa Sakita, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Jenis data yaitu data Primer dan data Sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, informan berjumlah 5 orang. Analisis data menurut Miles,Huberman dan saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori yang di kemukakan oleh Lovelock 5 indikator pelayanan publik yaitu: Tangible, Reliable, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan administrasi publik di Desa Sakita cukup baik, telah menunjukkan kemajuan melalui digitalisasi, keterbukaan, dan sikap peduli aparat, terutama dengan penerapan aplikasi Peapua. Namun, penerapannya belum optimal karena kurang sosialisasi, keterbatasan fasilitas, serta rendahnya kedisiplinan aparat yang sering tidak hadir. Hal ini menyebabkan pelayanan menjadi terhambat, seperti pembuatan surat keterangan domisili, kerap tertunda melebihi standar waktu yang sesuai dengan SOP. Dari lima dimensi pelayanan, Tangible dan Reliability masih terkendala sarana, kehadiran aparat, serta gangguan teknis; Responsiveness dan Empathy dinilai baik karena aparat tanggap, ramah, dan komunikatif; sementara Assurance cukup baik tetapi lemah akibat ketergantungan pada satu operator. Oleh karena itu, peningkatan disiplin, kapasitas aparatur, pemerataan tanggung jawab, serta pemenuhan sarana prasarana menjadi hal mendesak untuk mewujudkan pelayanan yang lebih efektif, efisien. Kata Kunci :Terjamah, Handal, Tanggap, Jaminan, Empati, Administrasi publik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up