Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul KINERJA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SULAWESI TENGAH (Studi Pada Penyelesaian Laporan Maladministrasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Donggala)
Nama: NILUH INDRIANI
Tahun: 2025
Abstrak
Niluh Indriani B10121185, dengan judul “Kinerja Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah (Studi Pada Penyelesaian Laporan Maladministrasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Donggala)” Dibimbing oleh Muzakir Tawil selaku pembimbing I bersama M. Kafrawi Al-Kafiah Samsu selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah dalam penyelesaian laporan maladministrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Donggala. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Lokasi penelitian yaitu di kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Deddy Mulyadi (2018: 114) yang terdiri dari 4 indikator yaitu keberhasilan pekerjaan dilihat dari kualitas dan kuantitas, penyelesaian pekerjaan sesuai target dan waktu, inisiatif dan daya kreatifitas, dan proses komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tengah memiliki kinerja yang cukup baik dalam menyelesaikan laporan maladministrasi. Jumlah laporan yang masuk terkait maladministrasi menurun dari tahun ke tahun, menunjukan bahwa kinerja Ombudsman dalam penyelesaian laporan sesuai kulitas dan kuantitas berjalan dengan baik. Penelitian ini juga menujukkan bahwa Ombudsman memiliki inisiatif yang tinggi dalam penyelesaian laporan dan komunikasi yang baik antara pegawai dan instansi terkait. Sedangkan dari indikator penyelesaian pekerjaan sesuai target dan waktu perlu ditingkatkan karena masih ada laporan yang belum selesai tepat waktu hal ini disebabkan oleh jarak yang jauh, pihak terlapor dan pelapor yang susah ditemui dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kata Kunci : Kinerja, Ombudsman, Maladministrasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up