JudulEFEKTIVITAS OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SULAWESI TENGAH DALAM MENANGANI LAPORAN DAN ADUAN MASYARAKAT |
Nama: PUTRINA ALIVIA INCE NA'I. IM |
Tahun: 2025 |
Abstrak Putrina Alivia Ince Na’i. IM, Stambuk B10121150 dengan judul “Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia dalam Menangani Laporan dan Aduan Masyarakat”. Dibimbing oleh Muzakir Tawil selaku pembimbing I bersama Agusta Sri Astuti selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas penanganan laporan dan aduan masyarakat di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas Richard M. Steers 2005:226 yang terdiri dari empat aspek yaitu, produktivitas, kemampuan adaptasi, kepuasan kerja, dan pencairan sumber daya. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih dalam penelitian ini yaitu informan yang mengetahui permasalahan yang akan diteliti, yakni Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Tengah, Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan, Bidang Pemeriksaan Laporan dan pihak pihak pelapor (masyarakat). Sumber data yang digunakan meliputi data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi peneliti dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dalam Menangani Laporan dan Aduan Masyarakat belum efektif secara keseluruhan. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek produktivitas dimana proses kecepatan dan konsistensi penyelesaian laporan belum sepenuhnya tercapai. Kemampuan adaptasi Ombudsman sudah baik terhadap perubahan regulasi, memanfaatkan teknologi, dan menciptakan Kepuasan Kerja bagi pegawai. Namun, dibagian Pencairan Sumber Daya masih mengalami kendala dikarenakan jumlah asisten yang masih kurang yang menyebabkan keterlambatan dalam memberikan rekomendasi dan penyelesaian laporan. Kata Kunci: Ombudsman, Efektivitas, Laporan dan Aduan Masyarakat. |